Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alasan Membuat Blog Yang Masuk Akal

Daftar Isi [Tampil]

Sisi Akademik

A. Cara Belajar

Setiap individu memiliki caranya masing-masing dalam belajar, ada yang dalam sekali baca dapat langsung memahami apa yang dibacanya, ada yang  membaca secara berulang-ulang baru dapat mengerti, dan ada juga yang menggunakan metode menulis, setelah membaca-baca ia merangkum dan mengambil intisari-intisari dari apa yang dipahaminya dan menulisnya.

Alasan Membuat Blog Yang Masuk Akal
Ilustrasi pendapatan

Ada pula yang sembari membaca sembari menulis, kelebihannya dari metode menulis ialah daya ingat akan apa yang telah dibacanya jauh lebih dalam, karena secara tidak lansung ia melewati banyak tahapan.
pertama tahap membaca walaupun hanya dalam pikiran, kemudian tahap mengingat dan sebagian yang lain bahkan ada yang sambil melafalkan, lebih dalam lagi, tahap yang menyempurnakan jika ia dapat mengambil nilai-nilai dan intisari dari apa yang telah dibacanya, inilah mengapa menulis termasuk salah satu hal penting bagi para pembelajar, bahkan sebagian orang ada yang lebih senang menulis sebagai metode belajarnya yang paling nyaman baginya.

B.Cara Mengasah Kemampuan

Bagi orang yang baru saja terjun dalam dunia menulis tentu harus memperbanyak latihan dan tak terlepas dari mengevaluasi dari apa yang telah di tulisnya, dalam pelatihannya tidak jarang ia melihat referensi sebagai dasar contoh cara menulis yang benar dan tak sedikit juga yang mencari-cari judul materi  yang akan diangkat, karena walaupun sudah ada bayangan materi yang akan di tulisan terkadang orang-orang yang baru saja memulai menulis bingung bagaimana cara mengungkapkan dan menyampaikan apa yang sudah tersirat dalam benak dan pikirannya, banyak sudah artikel di internet yang membahas bagaimana cara menulis dengan benar beserta metode-metodenya, baca dan terapkan dan mulailah itu akan banyak membantu.

Nanti jika tulisan yang sudah dibuat telah terupload ke internet dan telah banyak orang yang membaca hasil tulisannya, akan ada banyak hal positif dari blog jika di bawah artikelnya disematkan kolom komentar, jadi jangan lupa aktifkan kolom komentarnya.
pertanyaan, komentar, diskusi, saling sharing seputar pembahasan yang diangkat dari teman-teman yang mengomentari itu bisa menjadi masukan dan evaluasi atas tulisannya, dan ini sangat membantu dalam tahap pengembangan kemampuan menulis.

C. Mendapatkan Teman Diskusi

Dalam mengembangkan pengetahuan salah satu metode yang paling ringan adalah saling berdiskusi, jika teman-teman nantinya sudah memulai menulis dan mengunggah hasil tulisannya, apalagi jika sudah banyak yang mengomentari, akan ada muncul pembicaraan forum diskusi, entah itu di publik ataupum secara pribadi, karena tentunya yang berminat dalam menulis tidaklah dirimu seorang, dan yang ingin membagikan pengetahuan juga kemahirannya dalam menulis tak sedikit, jadi sembari mengasah kemampuan di waktu yang sama teman-teman juga bisa mendapakan kenalan baru, lebih positifnya lagi jika ia sudah lihai dalam dunia kepenulisan.

D. Mendapatkan Pengetahuan Yang Baru

Sudah tidak dipungkiri dalam proses menulis sebagian orang ada yang tiba-tiba lupa akan istilah tertentu, sehingga untuk mencapai ingatan itu memaksa kita untuk merenung berfikir, bertanya pada teman, membuka KBBI dan tak sedikit  yang searching-searching di internet karena jawaban tak kunjung datang, dalam proses banyak itu banyak sekali berbagai macam tulisan dibaca-baca, ada yang tiba-tiba sewaktu mencari jawabannya malah keasyikan baca yang lain, hingga akhirnya pengetahuan dan informasi baru pun banyak didapatkan.

Banyak sekali hal positif yang akan didapatkan dari sisi akademis ketika aktif menulis di blog atau web, ini hanya sekian yang tersirat dari banyaknya manfaat yang akan teman-teman dapatkan.

2. Sisi Ekonomi


A. Sarana Bisnis

Zaman sudah tak bisa dielakkan lagi dengan semakin berkembangnya dunia digital, membuat blog saat ini tak saja bermanfaat untuk mengembangkan akademik, lebih jauh dari itu, membuat blog atau website dapat membantu teman-teman dalam mengembangkan bisnis.

Tokopedia, Shopee, Bukalapak adalah bukti dari sekian besarnya pengaruh manfaat website bagi teman-teman yang ingin fokus dalam berbisnis, bahkan sudah banyak sekali teman-teman yang memilki toko online pribadi, entah itu barang jualannya pribadi atau pun menjual barang orang lain, atau dalam kata sekarang dikenal dengan istilah dropship.

B. Sarana Iklan

Layaknya youtube dan  intagram, dalam blog atau website juga ada iklan-iklan yang ditawarkan jika situs kalian termasuk dalam kriteria perusahaan-perusahaan.
Banyak macam-macam cara iklan itu dipasang dari mulai hanya mempromosikan, mereview, dan ada juga hanya menaruh gambar iklan dibagian tertentu di blog yang sering dilihat.

C. Pekerjaan Utama/Sambilan

Nah...bagi teman-teman yang belum tahu, ternyata ada juga lho yang memang pekerjaan sehari-harinya hanya di rumah, dan penghasilannya lebih dari pada berangkat kerja keperusahaan,
Lalu apa saja sih?.

1. Jualan Blog
Mungkin ada yang aneh, tapi memang benar adanya, blog dijual belikan, bahkan hingga mencapai jutaan.
Standarnya memang harga sesuai dengan kapasitas blognya, sepertihalnya blog atau website yang sudah berdomain TLD contohnya .com atau id jelas lebih mahal dari yang masih memakai subdomain, seperti blogspot.

2. Jual Jasa Seo
Banyak mungkin yang belum apa itu SEO, ringkasnya itu adalah optimasi blog, ada SEO page magsudnya adalah optimasi dari server atau halamannya, ada juga SEO artikel, sebenarnya masih ada lagi, tapi 2 ini termasuk utamanya.

3. Dapat Gajian Dari Google
Kalian mengertikan bukan tentang ini, untuk contoh blog atau website yang sudah mendapatkan google adsense tandanya ada iklan dari google saat kalian membuka dan membaca tulisannya.

4.Jasa Menulis Artikel
Seperti yang saya ceritakan dijual jasa seo, tak hanya berjualan blognya saja, bagi teman-teman yang sudah ahli dalam membuat artikel yang baik dan bagus sesuai kriteria google itu akan semakin banyak orderannya, hanganya pun bervariasi mulai dari kisaran harga 10 ribu untuk 300 atau 400 kata, hingga sampai ratusan ribu, apalagi jika artikelnya berbahasa inggris.

5. Klikbait(clickbait)
Untuk yang ini, kalian baiknya memulai untuk searching, kalian akan menemukan lebih banyak hal lagi.

Yang Tidak mudah dalam ini semua ialah konsisten, namun dengan konsisten banyak melahirkan banyak hal.

Terimakasih sekian pengetahuan
Alasan Membuat Blog Yang Masuk Akal
Mohon maaf
Salam hangat dari admin.