Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mendapatkan Uang Penghasilan Dari Blog Gratis, Ini Panduan Caranya!

Daftar Isi [Tampil]

Ramajalah - Artikel "Mendapatkan Uang Penghasilan Dari Blog Gratis, Ini Panduan Caranya!" Ini selalu diperbaharui, direvisi dan terus berlanjut demi memaksimalkan kualitas nilai isi konten untuk kebermanfaatan bersama. Bila masih kurang mohon ditunggu dan ditanyakan jika terdapat penjelasan yang ambigu.

cara-mendapatkan-uang-penghasilan-dari-blog-gratis

Prolog

Mendapatkan uang penghasilan dari blog gratis bukanlah hanya omong kosong belaka, hal ini bukanlah hal baru, sudah sejak lama banyak orang mendapat penghasilan gratis bermodalkan menulis.

Bahkan tidak sedikit yang menggantungkan pendapatannya dari blog. Ibarat berbisnis, blog merupakan salah satu jalan berinvestasi melalui kreasi, sama dengan Youtuber mereka berinvestasi pada konten yang dibuat begitu pun para Blogger.

Menjelaskan kebingungan dan rasa penasaran kalian terhadap penghasilan dari hal yang gratisan seolah hal mustahil, dengan blog ini dapat menjadi bukti bahwasahnya menghasilkan uang dari blog itu mudah.

Saat tulisan itu diketik penulis hanya menggunakan hp saja, dengan kata l ain tak hanya memungkinkan kalian untuk langsung beraksi untuk mengeksekusi tapi dapat meyakinkan juga bahwa dengan bermodalkan hp seakan sedang chat dengan kawan kalian dapat mencairkan uang.

Peluang mendapatkan gaji bulanan di blog sangat mungkin sekali, jutawan yang bermula dari blog pun sudah sangat banyak, jadi mendapatkan uang dari blog pun kini sudah tak diragukan lagi, tinggal kalian yang saat ini masih bimbang bagaimana menghasilkan uang dari internet hanya dengan di rumah saja, inilah waktunya!.

Dengan ini penulis akan coba merincikan panduan cara mendapatkan uang dari blog dengan penghasilan yang tidak terbatas.

Pemasukan yang bisa dihasilkan dari blog beragam bermacam-macam diantara garis besarnya ialah Pendapatan langsung dan pendapatan tidak langsung.

Bila dijelaskan dengan singkat apa saja yang dapat dihasilkan dari blog yang paling sering dijumpai yaitu iklan, bisa promosi, berafiliasi hingga menawarkan jasa. Intinya sama akan cenderung pada hal yang bersifat iklan promosi.

Kini kita akan langsung menuju langkah-langkah pembuatan blog gratis dengan platfrom gratis tentunya tiada lain blogger.

Keuntungan Memilih Platform Blogger Sebagai Media Menulis Blog

Pemilihan platfrom blogger sebagai media menulis blog dengan segala kelebihan dan keuntungannya tak perlu dirisaukan lagi.

Alasan supaya kalian tidak perlu pusing lagi memilih blogger hematnya blogger ini ada dibawah naungan google, seakan-akan blogger ini anak dari google, sebagai anak ada keniscayaan blogger memiliki keistimewaan tersendiri pada mesin pencari (telusur) dan itu benefit bagi para penggunanya.

Membuat Akun Blog

Saat ini kalian semuanya tentu sudah memiliki akun email yang biasa dibuat di gmail, adapun bagi yang ingin membuat akun baru akan lebih baik agar semua info tentang blog dan semua yang berkaitan dengan blog dapat berfokus pada satu akun email.

Menetapkan Nama Blog

Setelah akun email dipersiapkan tentukan nama yang akan menjadi blog kalian, sebelum itu, pikirkan dahulu sekiranya topik bahasan apa yang kalian bahas, bila nama blog saling berhubungan itu akan jauh lebih baik.

Putuskanlah membuat nama blog dengan nama atau kata yang mudah diingat, unik, jarang dipakai namun dikenal khalayak orang banyak. Misalnya kalian akan mengupas seputar tanaman, budidaya dan apapun yang berkaitan dengan tumbuhan, Raflesia bisa menjadi rekomendasi yang bagus untuk disematkan menjadi nama blog itu.

Adapun bila hendak memakai nama kalian untuk penamaan blog itu tidaklah masalah, menggunakan satu kata akan lebih baik, hindari menggunakan angka dalam penamaan blog.

Masuk ke blogger dengan mengetikkan Blogger di google atau mesin telusur lainnya, lalu setelah muncul hasil pilihlah yang paling atas.

cara-membuat-blog

Setelah mengkliknya maka akan muncul seperti gambar di bawah ini, lalu pilihlah "BUAT BLOG ANDA".

cara membuat blog gratis

Selepas itu, akan muncul pilihan email, gunakan email yang akan kalian gunakan untuk pembuatan blog, penulis akan tekankan kembali sebaiknya menggunakan email tersendiri khusus untuk blog kalian. Sandi emailnya pun lebih bagus dengan yang sudah sering kalian pakai agar lebih aman dan tidak lupa.

membuat-blog-gratis

Lihat gambar diatas, ini akan muncul setelah kalian memilih dan menyelesaikan email untuk mendaftar di blogger, pilihlah "LEWATI" terlebih dahulu untuk menyamakan antara nama blog dengan domain blog kalian.

panduan-membuat-blog

Setelah menamakan blog kalian, muncul tampilan seperti diatas, pilih garis tiga diatas kanan dan pilih "Buat Blog". Dalam tahap ini bagi kalian yang menggunakan ponsel genggam gadget (hp) gunakan mode 'Situs Dekstop' untuk mempermudah proses supaya lebih leluasa.

Cara mengalihkan ke mode situs dekstop di hp dengan mengklik tanda gambar titik tiga diatas kiri chrome lalu gulirkan kebawah dan pilih situs desktop dengan mencentangnya.

cara-membuat-nama-blog

Gambar diatas merupakan tampilan memilih nama blog, pilih " BERIKUTNYA" Setelah mengisi nama dengan bebas untuk menemukan terlebih dahulu domain blog yang bagus yang tersedia, tujuanya supaya menyamakan antara nama dengan domain blog sehingga dapat lebih maksimal dalam mendukung ditemukannya blog dipencarian mesin telusur.

cara-memilih-nama-blog

Temukan nama domain yang masih tersedia dengan nama-nama unik dengan kreatifitas kalian, penulis ingatkan kembali dalam membuat nama domain blog hindari penggunaan angka, kata-kata yang panjang ataupun strip sebagai penyambung kata.

tips-memilih-nama-blog

Bila sudah ditemukan domain situs yang masih tersedia, pilih "SEBELUMNYA" untuk memberikan judul blog sesuai nama domain yang sudah ada.

Selanjutnya bila sudah selesai semua pilih "SIMPAN" untuk mengkonfirmasi.

Akun blog pun kini sudah jadi. Selamat!

Membuat Tulisan Artikel Blog

Langkah-langkah cara mengupload tulisan artikel atau naskah di blog mudah dan gampang dapat langsung dipraktekkan.

Cara membuat tulisan di blog sama seperti menulis pada umumnya, bagi pemula yang belum pernah memulai menulis tenang saja, semua orang yang memulai pada awalnya tak sehebat saat sukses.

Sebelum menuju panduan step mengunggah tulisan, tentu memerlukan bahan tulisan terlebih dahulu, maka dari itu penulis berinisiatif memberikan tips kisi-kisi membuat tulisan artikel di blog terlebih dahulu.

Bagi yang sudah mahir menulis di blog, kalian dapat juga perhatikan singkat penjelasan merangkai tulisan barangkali ada hal baru yang dapat jadi pembelajaran.

Niche (Topik, Tema) Artikel Blog Berkualitas

Sebuah pembahasan pendek maupun panjang akan merujuk pada topik tertentu.

Langkah membuat tulisan dalam blog dalam fase awal-awal akan lebih baik berfokus pada satu topik tententu. Tema tumbuhan pada blog bisa membahas macam-macam jenis, cara perawatan, budidaya buah-buahan hingga penjualan tanaman yang dapat menghasilkan.

Tujuan memfokuskan artikel blog pada satu niche yakni menunjang situs blog kalian mudah ditemukan di mesin pencari seperti google dan disukai para pembaca, sehingga blog pun aktif dirayapi oleh visitor (orang yang singgah menggunakan mesin telusur di internet).

Dengan seringnya banyak yang membaca akan mempercepat proses tercapainya tahap menghasilkan. 

Membuat Judul Artikel Blog Berkualitas SEO yang Unik

Judul tulisan artikel blog punya momok sendiri terhadap isi konten, dalam pembuatan judul artikel tak hanya menyesuaikan isi konten saja kesesuaian dengan argoritma mesin telusur pun perlu diperhatikan.

Pemilihan kata yang digunakan untuk judul artikel berperan penting dalam mendukung tampilnya blog kita di mesin telusur, semakin baik semakin memungkinkah blog kita tampil di urutan pertama.

Membuat blog ada ditampilan pertama pun bila judul tak mempunyai daya tarik orang-orang akan lebih mendahului judul yang lebih mempunyai daya tarik terhadap apa yang dicari.

Maka dari situ penulis akan mencoba membagikan tips-tips membuat judul artikel menarik yang unik sesuai dengan pengalaman selama ini. Diantaranya:

  • Jumlah kata untuk judul artikel blog SEO
  • Penyematan kata sifat pada judul tulisan blog
  • Penggunaan angka untuk judul artikel
  • Pemilihan kata yang paling sering dicari

Jumlah kata untuk judul artikel blog SEO

Pada pembuatan artikel menentukan jumlah kata pada judul artikel banyak dikupas oleh para blogger, jika kalian belum membacanya akan banyak opini terkait hitungan jumlah katanya.

Sebenarnya tiada ketentuan khusus terkait jumlah kata judul artikel blog, umumnya sesuai pengalaman.

Setelah banyak membaca banyak artikel yang membahas jumlah kata pada judul artikel blog sekaligus melakukan uji coba, lahirlah keputusan penulis bahwa secara garis besar jumlah kata untuk judul artikel blog minimal 5 kata dan tidak lebih dari 10 kata, seperti halnya judul tulisan ini hanya menggunakan 9 kata.

Ketentuan jumlah kata pada judul artikel blog kembali lagi tidak ada batasannya, semuanya kembali pada kepentingan konten, argortima dan penulis sendiri. Jadi jangan terpaku dan seolah terkekang bingung dengan opini para blogger.

Penyematan kata sifat pada judul tulisan blog

Daya tarik kata sifat dalam membujuk pembaca untuk memilih blog kita untuk dibaca berlaku selayaknya menjual barang, biasanya pihak copy writting (bagian strategi pemasaran produk) sebisa mungkin menawarkan barang semenarik mungkin sehingga barang yang dijual menjadi kebutuhan dam akhirnya dipilih untuk dibeli.

Jika kalian pernah menonton tanyangan klip tentang seseorang yang menguji teman-temannya untuk menjual pulpen, kata-kata sifat memang cukup menggiurkan namun berakhir kemenangan pada orang yang membuat para calon pembeli membutuhkannya.

Kata "bagus, mudah, berkualitas, unik, gratis dll" sering kita jumpai pada kalimat tawaran dan ajakan, tujuannya tidak lebih agar pelanggan tertarik.

Begitu pun pada judul artikel, penyematan dan pemilihan kata sifat di judul memiliki kedudukan penting namun kata sifat yang mengandung keterbutuhan dan penasaran perlu diutamakan.

Penggunaan angka untuk judul artikel

Biasanya para penulis menggunakan angka pada judul artikel pada jenis artikel daftar, kalian pun tentunya sering menemukannya, baik ditempatkan di awal maupun ditengah.

Pemakaian angka tidak mengurangi optimasi artikel blog, malah cenderung menjadi salah satu strategi daya tarik, jadi patut dicoba.

Pemilihan kata yang paling sering dicari

Tak perlu repot bila tak ingin berumit-rumit menganalisa kata apa yang ingin digunakan, berpikirlah seolah kalian orang yang hendak mencari sesuatu di google, kalau pun ragu bisa melihat-lihat hasil pencarian sehingga bisa menjadi sumber ispirasi ide judul kalian.

Bagi pemula dalam menulis blog biasanya merasa bingung meskipun sudah ada yang tersirat namun entah harus memulai dari mana, terasa rumit bagaimana menuangkan bayangan yang ada di pikiran dalam sebuah sebuah tulisan melalui kata demi kata.

Tak perlu khawatir akan buruk hasilnya, bebaskan pemikiran "nanti gak jelas dan enggak beraturan, gak tau bagaimana alur tulisan dan gak tau apa intinya". 

Ketikkan satu persatu kata dahulu, lalu buat satu kata itu menjadi kalimat, setelah banyak kalimat selanjutnya gabungkan kalimatnya sehingga menjadi paragraf, bila hasilnya buruk dapat dievaluasi namun bila tak menulis sama sekali ,apa yang harus diperbaiki?

Masih belum juga terangkai satu paragraf kalian dapat menerapkan terlebih dahulu strategi menulia dengan konsep ATM, Yakni Amati, Tiru lalu Modifikasi, latihan ini mungkin bisa menjadi jalan ninja kalian.

Tapi percayalah pada diri kalian, penulis pernah mendengar " Ketika kamu ingin menulis, tulislah apa yang ketahui berdasarkan pengalamanmu, lalu bebaskanlah dari segala keraguan"

Memang ketika kita menulis sesuai minat kita dan pengalaman, menulis terasa mengalir sebab kita langsung mengalaminya.

Pembahasan tips menulis artikel blog dengan mudah sebelumnya pernah penulis unggah, kalian dapat menjumpai beberapa artikel seputar menulis hingga tata cara penggunaan tanda bacanya.

Cara menayangkan tulisan artikel di blog

Masuk ke tahap cara menayangkan tulisan artikel di blog, bagi kalian yang menggunakan hp dalam mengunggah artikel di blog kalian bisa mendownload aplikasi blogger adapun menggunakan chrome juga akan terlihat banyak fitur yang dapat digunakan.

Bersambung...akan dilanjutkan kembali, terimakasih